Tab 1.1
Tab 1.2
Tab 1.3
Tab 2.1
Tab 2.2
Tab 2.3
Tab 3.1
Tab 3.2
Tab 3.3
Home » » RIWAYAT WINDOWS

RIWAYAT WINDOWS

WINDOWS 1.0 – TAHUN 1985

Microsoft mengeluarkan sistem operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface), generasi pertama yang dikenal dengan nama Microsoft Windows 1.0. Sebenarnya, Windows 1.0 belum menjadi sistem operasi yang lengkap, tapi hanya merupakan sistem operasi yang dapat melengkapi fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh sistem operasi MS-DOS. Kelebihannya dibandingkan dengan MS-DOS biasa adalah kemampuannya untuk menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan (multitasking). Walaupun dapat dijalankan secara bersamaan, program-program tersebut tidak dapat aktif secara bersamaan, dengan kata lain jika salah satu program sedang aktif bekerja, program yang lain akan berhenti untuk sementara sampai diaktifkan kembali. Kelebihan lainnya adalah penggunaan mouse baru bisa digunakan pada sistem operasi ini. Program-program tambahan yang termasuk dalam sistem operasi MS Windows 1.0 adalah Paintbrush, Windows Write (cikal bakal Microsoft Word), Notepad, Calculator, CardFile, dan Clipboard. Sebagai sarana untuk game, Windows 1.0 menyertakan sebuah game bernama Reversi. Windows 1.0 kurang disukai oleh masyarakat karena belum banyak program-program aplikasi yang dapat diinstal pada sistem operasi ini.

WINDOWS 2.0 – TAHUN 1987

Windows 2.0 mulai di9perkenalkan untuk menggantikan versi 1.0. Pada versi ini, penggunaan kartu grafis VGA mulai diperkenalkan sehingga Windows 2.0 mampu menampilkan resolusi yang lebih baik dari versi sebelumnya. Pogram aplikasi tambahan yang disertakan adalah Microsoft Excel dan Microsoft Word. Selain itu, program aplikasi yang mulai dapat diinstal pada sistem operasi ini adalah Corel Draw dan PageMaker.

WINDOWS 3.X [3.0 DAN 3.1] – TAHUN 1990

Versi ini merupakan versi ketiga dari sistem operasi berbasis GUI dan merupakan sistem operasi Windows yang tersukses di pasaran. Sejak dirilisnya versi ini, banyak pengembang-pengembang software berlomba untuk membuat perangkat lunak yang dapat menjadi cikal bakal dari sistem operasi modern hingga saat ini.

WINDOWS FOR WORKGROUPS [3.XX] – TAHUN 1992

Sebenarnya ide untuk mengeluarkan sistem operasi berbasis workgroups sudah dimunculkan pada windows 3.1. Namun, pengembangan lebih lanjut terdapat pada versi 3.1.1. Versi ini merupakan cikal bakal dari sistem operasi windows yang berbasis jaringan [ network ].

WINDOWS 95 – TAHUN 1995

Lompatan terbesar Microsoft dimulai pada versi ini. Pada Windows 95, mulai dikenalkan konsep start menu programs, yang ditandai dengan adanya tombol start pada pojok kiri bawah layar desktop. Pada versi sebelumnya, Microsoft menyediakan fitur program manager untuk memudahkan pengguna komputer dalam melakukan manajemen file. Pada Windows 95, konsep program manager dikembangkan menjadi windows explorer yang digunakan hingga saat ini. Selain itu, versi ini juga memiliki fasilitas plug & play sehingga perangkat tambahan lain dapat dikenali oleh windows 95 tanpa menginstal drivernya terlebih dahulu. Fasilitas pemberian nama file hingga 256 karakter mulai digunakan. Windows 95 sudah disertai dengan fasilitas program Internet Explorer untuk menjelajah dunia maya lewat internet.

WINDOWS 98 & 98 SPECIAL EDITION [SE] – TAHUN 1998

Versi ini merupakan pengembangan dari windows 95. Pada versi ini Microsoft memberikan tambahan fitur mulitimedia yang lebih stabil dan lengkap.

WINDOWS MILLENIUM EDITION [ME] – TAHUN 2000

Windows ME dirancang khusus bagi pengguna komputer rumahan. Namun, rupanya versi ini krang disukai oleh masyarakat karena banyaknya isu yang beredar bahwa Windows ME tidak sekompatibel Windows 98SE dalam menjalankan beberapa aplikasi .

WINDOWS EXPERIENCE [XP] – TAHUN 2001

Langkah revolusioner berikutnya dari Microsoft adalah merilis sistem operasi bernama Windows XP. Versi ini merupakan gabungan [merger] antara Windows ME dan Windows yang berbasis NT.

WINDOWS VISTA – TAHUN 2007

Windows Vista adalah sistem operasi terbaru keluaran Microsft. Fitur-fitur pada Windows Vista perubahannya boleh dikatakan radikal,terutama pada bagian user-interface. Kemampuan sekuritas juga ditambahi oleh Microsoft, sehingga microsft mengklaim versi terbarunya ini lebih stabil, aman, dan memanjakan pengguna komputer.

WINDOWS 7 – TAHUN 2010

Menurut kabar yang beredar, Microsoft akan merilis Windows 7 pada tahun 2010. Kabarnya, Microsoft membuat Windows 7 lebih andal dari pada Windows Vista. Selain itu, tingkat responsifitas Windows 7 juga ditingkatkan, serta membuat proses booting dan shut-down lebih cepat lagi. Pengguna komputer diharapkan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas sehari-hari, membuat koneksi dan sinkronisasi antarperangkat lebih mudah, dan menjelajah dunia internet lebih memuaskan. Intinya, Microsoft ingin mewujudkan apa yang mustahil dilakukan saat ini melalui Windows 7-nya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PECINTA KOMPUTER - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger